Thursday 22 December 2016

cara setting suara vokal smule pada sing smule 2016


Cara Mudah Mengatasi Sinkronisasi Suara Vokal dan Musik Pada Sing Smule
Created by febriyan 
  - Hai.. selamat datang bagi kalian semua para pencari informasi di dunia maya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi dan tips mengenai cara mudah mengatasi sinkronisasi suara vokal dan musik pada aplikasi android Sing Karaoke Smule.

Perlu kalian ketahui bahwa aplikasi Sing Smule merupakan aplikasi hiburan bernyanyi karaoke gratis yang familiar di tahun 2015 - 2016 ini. Sehingga banyak sekali member-member baru yang mulai memasang app ini di dalam android nya sebagai hiburan pribadi.
Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
Logo Sing Karaoke Smule
Selain untuk hiburan, app sing karaoke by smule juga digunakan oleh member-member yang ingin berduet langsung dengan artis idola nya, baik itu secara video call (antar muka melalui video) maupun hanya berduet melalui suara.
Spoiler: Rekomendasi Smartphone Dengan Fitur Menarik, Harga dibawah 3 jutaan, Baca disini
Tentunya bagi kalian yang mengunjungi artikel tutorial ini sudah sangat paham dalam pengertian dan kegunaan APP sing smule, jadi kita langsung saja menuju pokok permasalahan yang kalian alami, yaitu: "bagaimana mengatasi Sinkronisasi Suara Vokal dan Musik pada Aplikasi Sing Smule?" atau "Mengapa Suara Vokal Saya Lambat dari suara musik? padahal pada saat karaoke sudah pas" atau ada juga yang bertanya seperti ini: "Mengapa saya kesulitan untuk menyinkronkan suara vokal terhadap suara musik, padahal sudah di otak-atik sampai keujung sinkronisasi, tetapi masih saja delay (seperti mengeja lagu kedengarannya :)) ".

Banyak lagi macam-macam pertanyaan yang sering saya dengar oleh teman-teman pengguna sing smule terkait sinkronisasi suara vokal dan musik di androidnya.

Menurut Analisa pribadi saya, permasalahan yang pertama terletak pada versi android yang kalian miliki, saya sarankan kalian menggunakan versi 4.4.2 (versi Kitkat).
Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
Android Versi Kitkat 4.4.2
Namun terdapat laporan juga bahwa mereka yang menggunakan APP Sing karaoke by Smule ini dengan versi android dibawah 4.4.2 (alias dibawah versi kitkat) tidak ada masalah terkait sinkronisasi suara vokal dengan suara musik, yah paling-paling hanya delay-delay sedikit, dan bisa diperbaiki secara cepat.

Nah...Jika begitu, analisa versi android tidak terlalu mempengaruhi terhadap Sinkronisasi, biarlah itu urusan dari pihak pengembang APP sing smule yang akan memperbarui APP nya.

Dengan permasalahan tersebut, membuat saya memutar otak untuk mengatasinya, dari mencari informasi di pencarian google, pencarian video tutorial di youtube, informasi di bantuan APP sing smule, dan bertanya kepada teman-teman yang sudah lama menggunakan APP ini.

Namun apa yang saya dapat?, hanya nihil dan persepsi yang bermacam ragam yang belum tentu benar untuk diterapkan :) . namun saya tetap berterima kasih terhadap saran - saran tersebut, karena dengan semua itu saya dapat menemukan tutorial seperti ini.

Sebenarnya saya menemui sedikit petunjuk terkait sinkronisasi tersebut melalui informasi di pencarian google. Yaitu seperti:
  1. Spesifikasi tiap smartphone yang berbeda (bukan hanya dilihat versi Androidnya), bisa dikarenakan spec RAM yg berbeda atau dll nya.
  2. Headphone yang digunakan
  3. Jack / lobang konektor headphone
Nah.. ketiga penyebab di atas merupakan rangkuman penyebab yang telah saya analisa dengan baik.
Baiklah, mungkin kalian sudah tidak sabar untuk mengetahui solusi yang tepat dalam mengatasi sinkronisasi suara di smule..
Oh iya, sebagai petunjuk, bahwa smartphone yang saya gunakan adalah smartphone Samsung galaxy dual core, jadi diharapkan kalian dapat menyesuaikan jika kalian menggunakan smartphone yang berbeda, agar tutorial kali ini dapat berhasil juga diterapkan pada smartphone kalian. Amin.
  1. Hapus Cache APP sing smule kalian, dengan cara pilih Pengaturan > manager aplikasi > pilih APP Sing Smule > lalu pilih hapus data. (cara ini tidak berpengaruh dalam terhapus nya APP sing smule, jadi wajib dilakukan).
    Contoh nya seperti gambar dibawah ini.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  2. Sekarang login ulang kedalam APP sing smule, lalu lakukan play test, saya sarankan gunakan lagu yang bertempo / beat cepat, seperti lagu American Idiot dari green day.
    Jika berhasil ! Selamat.. berarti smartphone kalian tidak cerewet seperti yang saya bayangkan :). Lanjutlah bernyanyi.
  3. Jika masih gagal, coba ulang dengan lagu yang bertempo / beat lambat, seperti judul lagu berdua saja dari band payung teduh. Apakah berhasil?
    Tentu tidak berhasil, karena lagu yang bertempo laju saja tidak berhasil, apalagi yang lambat :). Namun jika cara di point ke 3 ini berhasil. Wow.. saya ucapkan selamat.... karena di luar yang saya bayangkan. Lanjutlah bernyanyi ;) .
  4. Jika point 1 2 3 tidak memberikan efek yang baik terhadap sinkronisasi suara vokal dan music, jangan berkecil hati, karena saya telah menyimpan alternatif lain yang 80 % berhasil jika diterapkan.
  5. Baiklah.. kalian kembali lagi pada cara yang di point nomor 1 dan 2.
  6. Karena kalian sudah membersihkan cache, maka settingan sinkronisasi suara vokal dan musik kembali pada settingan default, seperti gambar dibawah ini.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  7. Play test dengan lagu yang kalian suka, saya sarankan kalian memilih lagu dengan judul Berdua saja dari band Payung Teduh. Mengapa??? Karena saya sangat suka dengan lagu yang satu ini, hehehe ditunggu kolabnya jika cara ini berhasil :)
  8. Jadi caranya seperti ini.
    pastikan ketika kalian mulai bernyanyi lepaskan headphone / alias jangan menggunakan headphone, lalu kalian bernyanyi selama 30 detik untuk melihat hasilnya, (pakai saja suara yang false, karena ini hanya sebagai tester).
  9. Jika sudah 30 detik, klik panel "pause" yang terletak tepat di pojok kiri atas smartphone kalian, jika kalian tidak tahu dimana tombolnya, perhatikan gambar dibawah ini.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  10. Lalu pilih "simpan dini".
  11. Nah... Maka kalian akan dibawa pada laman menyinkronkankan suara vokal dan musik. Kalian coba dengar baik-baik hasil rekaman kalian barusan tanpa headphone (jangan terpengaruh dengan hasil rekamannya, karena ini hanya tester), jika sudah tidak delay alias sudah pas, kalian coba dengar kan hasil rekaman tersebut menggunakan headphone, apakah sudah terdengar pas sinkronisasi nya?
    Jika sudah pas.. Selamat... kalian sedikit lagi dapat mengatasi nya jika merekam lagu dengan menggunakan headphone.
  12. Baiklah.. lanjut ke tutorial selanjutnya..
    yaitu bersihkan lagi cache Sing Smule nya alias kembali lagi pada cara 1 dan 2.
  13. Setelah itu pilih lagu yang kalian inginkan (dalam keadaan headphone terpasang). Lalu ketika screen aba-aba mulai bernyanyi 1.... 2.... 3..... telah muncul. Bersiap-siaplah untuk melepaskan headphone dari smartphone kalian.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  14. Ketika intro musik sudah mulai atau durasi detik sudah melewati angka 00:01 detik segera lepaskan headphone kalian.
  15. Maka akan muncul panel options seperti gambar dibawah ini. lalu yang harus kalian lakukan adalah memasang kembali headphone kalian. Lalu pada panel options tersebut, kalian pilih lanjutkan "bernyanyi".
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  16. Bernyanyilah dengan serius alias sampai selesai. Maka setelah kalian selesai menyanyikan lagu tersebut, kalian akan dibawa pada menu penyetingan efek dan sinkronisasi suara vokal dan musik.
  17. Kalian akan terkejut seperti saya yang kaget ketika menemukan cara ini dalam kurun waktu 1 malam hehehehe, karena suara vokal dan musik sudah harmonis 100 %.
  18. Jika kalian sudah berhasil dalam fase ini, saya haturkan beribu-ribu kali selamat bagi kalian. Cara ini berlaku juga terhadap metode bernyanyi video call alias bernyanyi duet dengan video.
  19. Sekarang kalian lanjut pada lagu yang lainnya. dengan metode sama yang saya bagikan di atas.

Bagaimana? semoga berhasil ya...
Saya rasa tutorial yang seperti ini hanya bisa kalian temukan di babang flash, karena pada saat sebelumnya ketika saya membuat artikel ini, saya telah survey di sana - sini, ternyata belum ada manusia yang berbagi tentang hal ini, adapun yang berbagi caranya tidak berhasil saya terapkan di smartphone saya, tapi mungkin dapat berhasil diterapkan pada smartphone kalian.
Jika tidak berhasil maka nasib kita sama, dan tutorial inilah yang dapat membantu kalian dalam memcahkan masalah sinkronisasi suara vokal dan musik pada APP Sing Karaoke Smule :) . Jika kalian mengetahui tutorial yang lebih simple jangan lupa untuk dibagikan juga ya,, ditunggu :)
Terima kasih..
Bantu Share ke sosial media kalian ya :) agar semua pengguna Sing Karaoke Smule dapat tahu.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts